Home > Uncategorized > Merubah Webcam Biasa Menjadi Kamera Infra Merah

Merubah Webcam Biasa Menjadi Kamera Infra Merah

Untuk memantau ruangan dalam kondisi gelap maka anda membutuhkan kamera infra merah, tapi harganya cukup mahal. Dengan tips berikut, Anda dapat membuatnya sendiri dengan webcam biasa yang biayanya jauh lebih murah.

Pencuri biasanya masuk ke rumah pada malam hari di saat mata kita atau kamera tidak dapat menangkap objek lagi. Namun, bila hari sudah gelap, kamera inframerah tetap dapat melakukan pemantauan. Sinar infra-merah yang tidak terlihat oleh mata telanjang membuat kamera mampu menangkap objek dalam kegelapan.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

■ Webcam (sekitar 100 ribu rupiah)
■ Negatif film yang over-exposured dan sudah dicuci
■ LED infra-merah (jumlahnya dapat dicoba-coba)
■ Obeng kembang ukuran kecil sampai sedang
■ Obeng minus halus
■ Gunting

1. MEMBUKA CASING WEBCAM

Langkah pertama cukup mudah. Lepaskan se­krup pada webcam untuk membuka casing. Perangkat akan terbuka dan memperlihatkan komponen yang terdapat di dalamnya.

72---dokter

2. MEMBUKA UNIT LENSA

Membuka webcam saja belum cukup. Kita harus masuk ke jantung sebuah kamera, yaitu lensanya. Untuk itu, lepaskan lensa dari board-nya. Di sini, lensa dapat dilepaskan dengan membuka sekrupnya.

3. MELEPAS LENSA

Untuk langkah ini dibutuhkan ketelitian karena lensa plastik harus dilepas dari unit lensa secara perlahan dengan menggunakan obeng minus yang halus. Angkat lensa secara hati-hati dari bantalannya.

4. MELEPAS FILTER

Sekarang, miringkan lensa yang telah terbuka ini di telapak tangan. Ring karet (aperture) [A] dan filter [B] akan terjatuh keluar. Fungsi filter ini adalah untuk menya­ring sinar inframerah dan mencegah noise pada gambar.

Tikus dan serangga malam pun dapat terdeteksi. Hanya saja, kamera seperti ini sangat mahal harganya. Perangkat termurah saja harganya sekitar satu jutaan. Perangkat yang lebih tinggi kelasnya dipasarkan di atas lima juta rupiah.

Sebenarnya, teknologi kamera inframerah tidak terlalu rumit. Setiap webcam dapat dijadikan sebagai pemburu dalam kegelapan dengan melakukan sedikit modifikasi. Di sini, kita akan menggunakan sebuah „Webcam USB“ murah seharga kurang dari 100 ribu rupiah,  infrared array (deretan LED inframerah) seharga 200 ribuan, negatif film yang sudah over-exposured, dan sedikit keterampilan. Kamera infra merah ini dapat memantau ruangan dalam jarak sampai 5 meter.

5. MEMOTORNG FILTER PELEWAT INFRAMERAH

Ambil negatif film yang over-exposured (berwarna hitam) yang sudah dicuci dan gunting lembaran film seukuran filter webcam. Filter baru ini hanya akan menangkap sinar inframerah dan memblokir sinar lainnya.

6. MEMASANG FILTER BARU KE DALAM LENSA

Sekarang, rakit kembali lensa webcam Anda. Pasang filter baru, pasang ring karet aperture, dan letakkan lensa di atasnya. Kencangkan unit lensa pada board dan pasang kembali casing webcam. Selesai!

7. MEMPERSIAPKAN LAMPU INFRAMERAH

Kamera inframerah tetap membutuhkan suber cahaya untuk dapat merekam objek. Sumber caha­yanya adalah LED inframerah. Cari lampu dengan tegangan 12 volt agar dapat dipasok langsung dari PC.

8. MEMASANG KAMERA INFRAMERAH

Sekarang, lihat hasilnya. Inzet di kiri atas adalah rekaman dalam kondisi normal. Gambar di sebelah kiri adalah rekaman webcam dalam kondisi gelap sebelum modifikasi dilakukan. Gambar kanan adalah hasil setelah modifikasi dilakukan.

8. MEMASANG KAMERA INFRAMERAH

Sekarang, lihat hasilnya. Inzet di kiri atas adalah rekaman dalam kondisi normal. Gambar di sebelah kiri adalah rekaman webcam dalam kondisi gelap sebelum modifikasi dilakukan. Gambar kanan adalah hasil setelah modifikasi dilakukan.

Jangkauannya dapat lebih jauh bila inframerahnya lebih kuat. Software-nya dapat menggunakan program bawaan webcam atau shareware SupervisionCam (www.supervisioncam.com). Software ini dapat mendeteksi gerakan dan merekamnya.

Sumber

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: